Minggu, 21 Februari 2010

Satuan Volume Bahan

Satuan volume mempengaruhi perhitungan RAB. Adapun cara menentukan satuan volume :
•Penghitungan volume pekerjaan yang mempunyai luas dan ketebalan atau mempunyai penampang dan panjang menggunakan satuan m3, misalnya pasangan batu kali, pasangan batu bata (dapat juga m2), kuda-kuda, dan kusen.
•Penghitungan volume pekerjaan yang hanya mempunyai luas dan ketebalan relatif kecil atau tipis menggunakan satuan m2, misalnya plesteran, pasangan lantai, pasangan plafon, pasangan atap, dan pengecatan.
•Penghitungan volume pekerjaan yang sifatnya dominan memanjang menggunakan satuan m1 atau meter lari, misalnya lisplank, lisplafon, instalasi pipa atau kabel, dan nok genteng.
•Penghitungan volume bahan-bahan satuan menggunakan satuan buah (bh), misalnya lampu, saklar, stop kontak, kunci, engsel, kloset.
•Penghitungan volume bahan satuan yang terdiri dari beberapa komponen bahan yang dirakit menjadi satu menggunakan satuan unit, misalnya panel listrik, bak kontrol, beerput.
•Penghitungan volume peralatan adalah dari analisis rasio modal peralatan dengan usia pakainya (ls).
•Penghitungan volume pekerja/tukang adalah orang.

Menghitung Rencana Anggaran Biaya

Setelah semua daftar analisis harga satuan pekerjaan diisi dan dijumlahkan, selanjutnya harga satuan pekerjaan dikalikan dengan setiap volume pekerjaan sehingga didapatkan jumlah total biaya bangunannnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rencana Master untuk Rumah Master

Buatlah rencana yang sempurna untuk kesempurnaan rumah Anda.

Kontak Kami

Kontak Kami: Email & Facebook : master-rumah@yahoo.com

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah sarjana Teknik Sipil ITB angkatan 2004. Hingga saat ini saya mendalami Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah. Seain itu, saya juga aktif dalam bisnis properti dan tour 'n travel