Sabtu, 20 Februari 2010

Apa itu RAB

Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan suatu rumah adalah besar perkiraan biaya yang diperlukan untuk melakukan pembangunan suatu rumah. Sehubungan karena RAB dibuat sebelum pembangunan berjalan, maka RAB akan menghasilkan taksiran biaya dan bukan biaya pastinya (actual cost). Oleh karenanya, perhitungan RAB bukan suatau pengetahuan exact. Pengetahuan tentang konstruksi, common sense, dan penetapan keputusan terhadap suatu asumsi perlu dilakukan.

Perkiraan biaya untuk material relatif lebih mudah dan sederhana. Volume material untuk suatu bagian pekerjaan dapat dihitung secara akurat dari dimensi gambar bagian pekerjaan tersebut. Biaya material dapat dihitung dengan mengalikan volume material dengan harga satuan pekerjaannyanya.

Perkiraan biaya pekerja dan peralatan relatif lebih sulit daripada perkiraan biaya material. Biaya pekerja dan peralatan tergantung kepada tingkat produktivitasnya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan perkiraan biaya pekerja dan peralatan yang akurat perlu dimiliki pengetahuan tentang tahap-tahap dan analisis pekerjaan konstruksi, kondisi dan faktor lingkungan pekerjaan serta tingkat keahlian pekerja.


Tujuan Penghitungan RAB

Penghitungan besar RAB sangat diperlukan untuk menyiapkan besar dana (real cost) yang diperlukan untuk pembangunan, sehingga akan memudahkan owner pembangunan dalam melakukan perencanaan keuangan terkait pembangunannya. Hal ini tentunya juga akan menentukan fungsi perencanaan dan penjadwalan waktu pekerjaan. Pengetahuan tentang RAB akan terasa lebih penting lagi bagi owner apabila menggunakan jasa orang lain (pemborong) dalam melaksanakan pembangunannya.


Tipe Penghitungan RAB

1.Approximate RAB

Approximate RAB dihitung dari alternative konsep desain arsitektur dan desain struktur secara umum. Hasil dari Approximate RAB ini menunjukkan biaya kasar dari suatu proyek. Penghitungan RAB tipe ini digunakan bagi owner untuk memutuskan dilaksanakannya suatu proyek dengan desain tertentu.

2. Detailed RAB

Detailed RAB dihitung setelah desain suatu proyek telah ada. Dari desain yang telah ada dapat dirinci tahap-tahap dan analisis pekerjaannya. Selanjutnya dapat dicari rincian harga satuan dan volume suatu pekerjaan. Detailed RAB dapat menunjukkan biaya yang akurat dari suatu proyek. Dalam Tugas Akhir ini dibahas RAB tipe ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rencana Master untuk Rumah Master

Buatlah rencana yang sempurna untuk kesempurnaan rumah Anda.

Kontak Kami

Kontak Kami: Email & Facebook : master-rumah@yahoo.com

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Saya adalah sarjana Teknik Sipil ITB angkatan 2004. Hingga saat ini saya mendalami Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah. Seain itu, saya juga aktif dalam bisnis properti dan tour 'n travel